Strategi & Sasaran

sasaran

  • Sasaran:

    Ada beberapa parameter yang dijadikan sasaran kurun waktu 5 tahun:

    1. Ada GKM dan GJM dan buku manual prosedur yang mengatur pelaksanaan teknis akademis.
    2. IPK rata-rata lulusan >= 3,5
    3. Waktu Studi rata-rata 2 tahun 11,3 bulan
    4. Waktu tunggu kerja lulusan <= 6 bulan
    5. Rasio dosen : mahasiswa = 1 : 13
    6. Kehadiran dosen perkuliahan >= 95%
    7. Jumlah publikasi penelitian setiap dosen di jurnal nasional sejumlah 1 publikasi setiap semester dan 1 publikasi per tahun di jurnal internasional.

    Kerjasama Program Studi D3 Statistika dalam bidang penelitian dan pengabdian dengan pihak lain sebanyak 2 (dua)  kerjasama tingkat nasional dan 2 (satu) kerjasama daerah Kabupaten/Kota per tahun.

    Strategi Pencapaian Sasaran:

    1. Strategi dan prosedur pembelajaran dalam pelaksanaan teknis akademis dituangkan dalam buku Manual Prosedur, instruksi kerja dan dimonitoringtingkat Fakultas dan tim auditor dari UMM (Unit Manajemen Mutu) ditingkat Universitas.
    2. Target rata-rata IPK lulusan menjadi  3,50 dari rata-rata IPK lulusan sebelumnya 3,20. Upaya yang dilakukan untuk pencapaian ini di antaranya adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menambah sarana dan prasarana seperti : in focus di setiap ruang belajar, laboratorium statistika dengan spesifikasi komputer yang tinggi, dengan software yang berlisensi, dan ruang seminar dan diskusi mahasiswa yang ber AC. Selanjutnya meningkatkan kualitas pengajar dengan keikutsertaan dalam pelatihan-pelatihan bidang ilmu untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan Studi lanjut bagi staf pengajar.
    3. Waktu Studi rata-rata sekitar 3 tahun konstan setiap tahunnya, Upaya yang dilakukan menyelesaikan masa studi mahasiswa antara lain dengan memberi motivasi belajar dan strategi belajar yang dilakukan oleh dosen penasehat akademik minimal 6 (empat) kali setiap semester (pengisian KRS, perbaikan KRS, sebelum dan sesudah  UTS, dan saat menghadapi UAS). Upaya lainnya adalah menyelenggarakan pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Tugas Akhir (TA) dengan tujuan mahasiswa mengenal dunia kerja dan lebih siap dalam mengerjakan TA agar mempercepat proses pengerjaan TA serta meningkatkan kualitas pengerjaan TA. Selain itu, dengan adanya GKM dan GJM secara rutin melakukan monitoring dan memperbaharui (merevisi) standar proses pembelajaran, sehingga dapat membantu mahasiswa agar lebih cepat dalam menyelesaikan perkuliahannya dengan hasil optimal.
    4. Peningkatan serapan lulusan Diploma Statistika oleh dunia kerja ditargetkan meningkat 10% setiap tahunnya, hingga tahun 2020 mencapai 90%. Adapun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan daya serap lulusan adalah dengan meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha dan pemerintah daerah, meningkatkan publikasi kompetensi lulusan, meningkatkan komunikasi dengan alumni yang sudah bekerja di berbagai bidang sehingga dapat memberikan informasi adanya kesempatan atau lowongan kerja. Waktu tunggu kerja lulusan Program Studi D3 Statistika lebih singkat menjadi rata-rata 3singkat waktu tunggu ini adalah melalui program kerja sama antara Universitas Sumatera Utara dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, mengadakan job fair, serta menyediakan bursa tenaga kerja oleh Pusat Jasa Tenaga Kerja USU.
    5. Jumlah dosen yang berkualifikasi Doktor (S3) tahun 2020 mencapai 90%. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberi kesempatan Studi lanjut di dalam dan di luar negeri, dan menginformasikan program beasiswa studi lanjut.
    6. Meningkatkan Persentase Kehadiran Dosen di perkuliahan hingga mencapai  rata-rata 95% pada tahun 2020. Upaya yang dilakukan adalah melalui proses monitoring dan evaluasi proses belajar mengajar dankegiatan dosen secara berkala, yang diumumkan pada waktu rapat dosen, dan memberikan peringatan, teguran hingga sanksi bagi dosen yang tidak memenuhi kecukupan kehadiran mengajar (contoh: Jika kehadiran dosen belum memenuhi 80%, maka diwajibkan dosen menambah waktu pemberian kuliah sehingga bisa ujian tengah semester atau ujian akhir semester). Dalam penyampaian nilai, jika terlambat dari waktu yang sudah ditetapkan oleh Fakultas, maka dosen yang bersangkutan diberikan sanksi dengan mengurangi jumlah SKS pada semester berikutnya. Dan nilai mata kuliahnya diberikan nilai semua mahasiswa kategori B. Menambah kuantitas penelitian hingga 10% dari keadaan sebelumnya, jumlah publikasi pada jurnal nasional meningkat hingga 15% dan di tingkat jurnal internasional meningkat hingga 5 %.

           Jumlah serapan dana penelitian yang bersumber dari luar Universitas  meningkat hingga 15 %.

                 Jumlah pengabdian pada masyarakat meningkat hingga 15 %.