Strategi & Sasaran

sasaran

 Ada 10 parameter yang dijadikan sasaran dalam kurun waktu 5 tahun:

No Sasaran 2016 2017 2018 2019 2020
1. Persen mahasiswa lulus tepat waktu 95% 95% 95% 100% 100%
2. Persen lulusan dengan IPK > 3,5 80% 80% 85% 85% 90%
3. Lulusan berpredikat cumlaude 10% 15% 15% 20% 20%
4. Jumlah publikasi ilmiah nasional 10 15 20 20 25
5. Status akreditasi Program Studi D3 Teknik Informatika B A A A A
6. Waktu tunggu kerja lulusan < 3 bulan 60% 70% 80% 90% 95%
7. Kerjasama Program Studi D3 Teknik Informatika dalam bidang penelitian dan pengabdian dengan pihak lain 45 45 60 70 75
8. Jumlah publikasi ilmiah Internasional 6 10 12 15 17
9. Jumlah dosen berpendidikan S3 14 14 15 15 17
10. Jumlah dosen dengan jabatan guru besar 2 2 4 6 8

 

Strategi yang dilakukan untuk pencapaian sasaran:

No Sasaran Strategi Pencapaian
1. Persentase mahasiswa lulus tepat waktu
  • Menerapkan monitoring dan evaluasi terhadap proses pembelajaran
  • Menerapkan proses administrasi akademik yang komprehensif dan online
  • Monitoring pelaksanaan kalender akademik yang kontinu
  • Menerapkan peraturan akademik USU dengan ketat
2. Persentase mahasiswa dengan IPK > 3,5
  • Menerapkan sistem penilaian multikomponen
  • Menyediakan bahan ajar baku untuk setiap mata kuliah
  • Melakukan evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa dengan menggunakan kuesioner kepada mahasiswa di akhir semester untuk diisi oleh mahasiswa
  • Mengoptimalkan peran aktif mahasiswa dalam proses belajar mengajar
3. Lulusan berpredikat cumlaude
  • Menerapkan sistem penilaian multikomponen
  • Menyediakan bahan ajar baku untuk setiap mata kuliah.
  • Melaksanakan responsi dan tutorial
  • Mengoptimalkan peran aktif mahasiswa dalam proses belajar mengajar
  • Mengevaluasi/menuntun mahasiswa yang berprestasi sejak semester awal yang memungkinkan untuk berprestasi cumlaude
4. Jumlah publikasi ilmiah Nasional
  • Membentuk kelompok riset dosen dan mahasiswa
  • Menggalakkan program riset bersama dengan institusi lain
  • Memotivasi dosen dan mahasiswa untuk memublikasikan hasil penelitian dalam jurnal nasional dan internasional
  • Menggalakkan aktivitas dan kuantitas dosen dalam perolehan hibah penelitian
5. Status akreditasi Program Studi
  • Menyiapkan semua komponen yang dinilai dalam akreditasi dengan teratur dan benar
  • Menghasilkan lulusan yang bermutu melalui berbagai kegiatan seperti:
    • Peningkatan peran tatakelola yang baik mulai dari tingkat Fakultas, Program Studi, dan unsur pendukung Program Studi
    • Peningkatan sistem administrasi akademik yang baik
6. Waktu tunggu bekerja setelah lulus (bulan)
  • Menjalin kerja sama dengan alumni untuk informasi kesempatan kerja
  • Menyediakan papan pengumuman adanya lowongan kerja
  • Mengarahkan dan menghimbau mahasiswa untuk selalu aktif mendapatkan informasi pada pusat tenaga kerja universitas
  • Meningkatkan kerja sama dengan stakeholder pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan informasi lowongan kerja
7. Kerjasama Program Studi dalam bidang penelitian dan pengabdian dengan pihak lain
  • Menjalin kerja sama dengan pusat-pusat penelitian baik swasta maupun pemerintah
  • Menggali dan menginformasikan kepada dosen adanya kesempatan meneliti
  • Menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah atau lembaga untuk pengabdian pada masyarakat
  • Tanggap terhadap situasi yang sedang terjadi sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi oleh Program Studi dengan adanya pengabdian (misal: pengabdian kepada masyarakat)
8. Jumlah publikasi ilmiah Internasional
  • Membentuk kelompok riset dosen dan mahasiswa
  • Menggalakkan program riset bersama dengan institusi lain
  • Memotivasi dosen dan mahasiswa untuk memublikasikan hasil penelitian dalan jurnal internasional
  • Menggalakkan aktivitasdan kuantitas dosen dalam perolehan hibah penelitian
9. Jumlah dosen berpendidikan S3
  • Rekruitmen calon dosen dengan pendidikan S2 atau S3
  • Mendorong dosen muda berpendidikan S2 untuk mendapatkan beasiswa pemerintah maupun swasta untuk mengikuti program pendidikan S3
10. Jumlah dosen dengan jabatan guru besar
  • Mendorong dosen berpendidikan S3 untuk publikasi pada jurnal terindeks
  • Mendorong dosen yang telah berpendidikan S3 untuk melakukan semua aktivitas untuk memperoleh jabatan guru besar