Strategi & Sasaran

sasaran

  • Sasaran:

    Sasaran Program Studi D3 Teknik Informatika FMIPA USU difokuskan untuk menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik tinggi, mampu dan handal dalam menyesuaikan diri dan berperan serta sebagai pembawa perubahan pembangunan dengan mengimplementasikan Teknik Informatika.

 Ada 10 parameter yang dijadikan sasaran dalam kurun waktu 5 tahun:

No Sasaran 2016 2017 2018 2019 2020
1. Persen mahasiswa lulus tepat waktu 95% 95% 95% 100% 100%
2. Persen lulusan dengan IPK > 3,5 80% 80% 85% 85% 90%
3. Lulusan berpredikat cumlaude 10% 15% 15% 20% 20%
4. Jumlah publikasi ilmiah nasional 10 15 20 20 25
5. Status akreditasi Program Studi D3 Teknik Informatika B A A A A
6. Waktu tunggu kerja lulusan < 3 bulan 60% 70% 80% 90% 95%
7. Kerjasama Program Studi D3 Teknik Informatika dalam bidang penelitian dan pengabdian dengan pihak lain 45 45 60 70 75
8. Jumlah publikasi ilmiah Internasional 6 10 12 15 17
9. Jumlah dosen berpendidikan S3 14 14 15 15 17
10. Jumlah dosen dengan jabatan guru besar 2 2 4 6 8

 

  • Strategi Pencapaian Sasaran:

Strategi yang dilakukan untuk pencapaian sasaran:

No Sasaran Strategi Pencapaian
1. Persentase mahasiswa lulus tepat waktu
  • Menerapkan monitoring dan evaluasi terhadap proses pembelajaran
  • Menerapkan proses administrasi akademik yang komprehensif dan online
  • Monitoring pelaksanaan kalender akademik yang kontinu
  • Menerapkan peraturan akademik USU dengan ketat
2. Persentase mahasiswa dengan IPK > 3,5
  • Menerapkan sistem penilaian multikomponen
  • Menyediakan bahan ajar baku untuk setiap mata kuliah
  • Melakukan evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa dengan menggunakan kuesioner kepada mahasiswa di akhir semester untuk diisi oleh mahasiswa
  • Mengoptimalkan peran aktif mahasiswa dalam proses belajar mengajar
3. Lulusan berpredikat cumlaude
  • Menerapkan sistem penilaian multikomponen
  • Menyediakan bahan ajar baku untuk setiap mata kuliah.
  • Melaksanakan responsi dan tutorial
  • Mengoptimalkan peran aktif mahasiswa dalam proses belajar mengajar
  • Mengevaluasi/menuntun mahasiswa yang berprestasi sejak semester awal yang memungkinkan untuk berprestasi cumlaude
4. Jumlah publikasi ilmiah Nasional
  • Membentuk kelompok riset dosen dan mahasiswa
  • Menggalakkan program riset bersama dengan institusi lain
  • Memotivasi dosen dan mahasiswa untuk memublikasikan hasil penelitian dalam jurnal nasional dan internasional
  • Menggalakkan aktivitas dan kuantitas dosen dalam perolehan hibah penelitian
5. Status akreditasi Program Studi
  • Menyiapkan semua komponen yang dinilai dalam akreditasi dengan teratur dan benar
  • Menghasilkan lulusan yang bermutu melalui berbagai kegiatan seperti:
    • Peningkatan peran tatakelola yang baik mulai dari tingkat Fakultas, Program Studi, dan unsur pendukung Program Studi
    • Peningkatan sistem administrasi akademik yang baik
6. Waktu tunggu bekerja setelah lulus (bulan)
  • Menjalin kerja sama dengan alumni untuk informasi kesempatan kerja
  • Menyediakan papan pengumuman adanya lowongan kerja
  • Mengarahkan dan menghimbau mahasiswa untuk selalu aktif mendapatkan informasi pada pusat tenaga kerja universitas
  • Meningkatkan kerja sama dengan stakeholder pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan informasi lowongan kerja
7. Kerjasama Program Studi dalam bidang penelitian dan pengabdian dengan pihak lain
  • Menjalin kerja sama dengan pusat-pusat penelitian baik swasta maupun pemerintah
  • Menggali dan menginformasikan kepada dosen adanya kesempatan meneliti
  • Menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah atau lembaga untuk pengabdian pada masyarakat
  • Tanggap terhadap situasi yang sedang terjadi sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi oleh Program Studi dengan adanya pengabdian (misal: pengabdian kepada masyarakat)
8. Jumlah publikasi ilmiah Internasional
  • Membentuk kelompok riset dosen dan mahasiswa
  • Menggalakkan program riset bersama dengan institusi lain
  • Memotivasi dosen dan mahasiswa untuk memublikasikan hasil penelitian dalan jurnal internasional
  • Menggalakkan aktivitasdan kuantitas dosen dalam perolehan hibah penelitian
9. Jumlah dosen berpendidikan S3
  • Rekruitmen calon dosen dengan pendidikan S2 atau S3
  • Mendorong dosen muda berpendidikan S2 untuk mendapatkan beasiswa pemerintah maupun swasta untuk mengikuti program pendidikan S3
10. Jumlah dosen dengan jabatan guru besar
  • Mendorong dosen berpendidikan S3 untuk publikasi pada jurnal terindeks
  • Mendorong dosen yang telah berpendidikan S3 untuk melakukan semua aktivitas untuk memperoleh jabatan guru besar